logo

Written by Derry Briantono on . Hits: 80

Tim Assesor SAPM PTA Palu Lakukan Pembinaan di PA Poso dan Buol

Poso|www.pa-poso.go.id

Pengadilan Agama Palu kelas 1A dan Pengadilan Agama Parigi Kelas II adalah  dua Pengadilan Agama di wilayah PTA. Palu yang telah ditetapkan sebagai pilot project untuk diakreditasikan Penjaminan Mutu pada Tahun 2017 sesuai Surat Keputusan Ketua Pengadilan Tinggi Agama Palu Nomor : W19-A/958/OT.01.3/VIII/2017 tanggal 14 Agustus 2017.

Adapun Pengadilan Agama lainnya di wilayah PTA. Palu telah menyatakan kesiapannya untuk diakreditasi pada tahun 2018 mendatang.

Terkait hal tersebut, tim assesor Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu (SAPM) PTA. Palu yang terdiri dari ketua PTA. Palu, Dr. Hj. Aisyah Ismail, S.H.,M.H, Wakil Ketua,      Dr. H. Samparaja, S.H.,M.H, Panitera, H. Abdul Wahid, S.H.,M.Hum dan Sekretaris PTA. Palu, Sutarno, S.H.,M.H melakukan pembinaan di Pengadilan Agama Poso dan Pengadilan Agama Buol.

Pada dua Pengadilan Agama tersebut, tim Assesor melakukan sosialisasi terkait hal-hal apa saja yang harus disiapkan dalam menghadapi SAPM, baik berupa dokumen-dokumen maupun sarana dan prasarana fisik lainnya.

Pengadilan Agama Poso sendiri saat ini telah melakukan persiapan-persiapan dalam rangka SAPM. Salah satunya dari sisi fisik, gedung kantor  PA. Poso telah memenuhi standar prototype Mahkamah Agung RI.

Selain itu, Tim SAPM PA. Poso juga telah dibentuk dan sebagian besar kelengkapan dokumen-dokumen SAPM telah dipenuhi.

Pada kesempatan tersebut, ketua PTA. Palu juga melakukan pembinaan terkait tupoksi, peningkatan disiplin serta komitmen menjaga integritas sebagai abdi negara.

  “Agar maklumat ketua Mahkamah Agung RI. tidak saja dibaca namun diaplikasikan secara utuh sehingga kita terhindar dari hal-hal yang tidak diiinginkan seperti operasi Tangkap Tangan (OTT) yang terjadi pada beberapa oknum peradilan”, tegasnya.

Sekretaris PTA. Palu, Sutarno, S.H.,M.H secara rinci memaparkan kelengkapan dokumen SAPM kesekretariatan diantaranya tersedianya SOP pada masing-masing bagian,  Laporan Realisasi Anggaran (LRA), LKJIP, Laporan Tahunan masing-masing tupoksi,  laporan SIMAK BMN dan SAIBA.

“Perlu dilakukan evaluasi pelaksanaan anggaran  untuk melakukan estimasi belanja sehingga kondisi keuangan sampai akhir tahun dapat diketahui apakah minus atau tidak”, jelasnya.

Adapun SAPM kepaniteraan dijelaskan oleh Panitera PTA. Palu, H. Abdul Wahid, S.H.,M.Hum

Dari PA. Poso tim assesor melanjutkan perjalanan ke pengadilan agama baru yaitu PA. Ampana guna meninjau persiapan operasional PA. tersebut yang rencananya akan mulai dioperasikan akhir tahun 2017 ini.

Di Ampana, rombongan PTA. Palu diterima oleh Kepala Biro Humas Pemkab Ampana, Hasbullah DM, S.Sos yang pada kesempatan tersebut menyerahkan foto copi sertifikat tanah yang akan digunakan untuk kantor PA. Ampana.

Selanjutnya, rombongan PTA. Palu meninjau langsung lokasi yang akan dibangun kantor PA. Ampana serta meninjau balai sidang Pengadilan Agama Ampana.

Di pengadilan Agama Buol, selain melakukan pembinaan, ketua dan sekretaris PTA. Palu juga meninjau pembangunan kantor baru PA. Buol sesuai prototype yang sampai saat ini progres pembangunannya telah mencapai sekitar 50 persen. (sumber : pta-palu.go.id)

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Poso 

Jl. P. Kalimantan No. 30 - Poso Sulawesi Tengah

Telp/Fax : 0452- 21770

Email  : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Tautan Aplikasi

SIPP

Komdanas

SIKEP

SIMARI

LPSE