logo

Written by hardi on . Hits: 55

PTA Palu Gelar RAKOR bersama Pengadilan Agama se-Sulteng Tahun 2019

rakor pta

Membaca dan mempelari kode etik, baik Hakim, Panitera, Panitera Pengganti, Jurusita/Jurusita Pengganti sampai pegawai sangatlah urgen sebagai salah satu upaya menjaga integritas diri dalam menjalankan tugas kedinasan.

Demikian disampaikan Ketua PTA. Palu, Dr. Drs. H. Abu Huraerah, S.H.,M.H dalam Rapat Koordinasi dengan Pengadilan Agama se Sulawesi Tengah , Kamis, 31 Januari 2019 yang diikuti oleh Ketua, Wakil Ketua, Panitera dan Sekretaris serta operator E-Court se wilayah Sulawesi Tengah di aula Pengadilan Tinggi Agama Palu.

Rakor yang dibuka oleh Panitera PTA.Palu, H. Abdul Wahid, S.H.,M.Hum, Rakor tersebut mengusung tiga agenda yaitu Sosialisasi Zona Integritas, Penyampaian permasalahan Tupoksi dan Sosialisasi E-Court.

Selain itu, Abu Huraerah juga menyampaikan hasil sosialisasi pembinaan oleh pimpinan Mahkamah Agung yang diikuti oleh seluruh Ketua Pengadilan Tinggi Agama seluruh Indonesia di gedung Mahkamah Agung beberapa waktu lalu, sebagai berikut :

  1. Dirjen  Badan  Peradilan  Agama  Mahkamah Agung RI. mengingatkan kepada seluruh satker agar  operator  website  yang  telah  ditunjuk  untuk  terus  memantau  berita-berita  di website Badilag  sehingga  tidak  ketinggalan  informasi-informasi  penting  yang  memerlukan  tindak lanjut segera;
  2. Dirjen  Badilag  juga  mendorong  seluruh  satker agar bersungguh-sungguh dalam Fastabiqul Khairaat  melakukan   inovasi-inovasi  yang  bisa  membawa   peradilan   agama lebih unggul;
  3. Pimpinan Mahkamah Agung juga mendorong satker, khususnya tingkat banding agar kembali menggalakkan    diskusi-diskusi   hukum   melalui   Pokja   masing-masing   sehingga    ketika mengalami  permasalahan  teknis  hukum  peradilan  tidak  langsung  bertanya  ke  Mahkamah Agung tetapi  bertanya terlebih dahulu ke Pengadilan Tingkat Banding;
  4. Agar satker melakukan upaya penguatan pengawasan melalui Hakim Tinggi Pengawas Bidang dan Hakim Tinggi Pengawas Daerah untuk Tingkat Banding.

Pada Rakor tersebut, Panitera dan Sekretaris PTA. Palu (H. Abdul Wahid, S.H.,M.Hum dan Sutarno, S.H.,M.H. juga menyampaikan hal-hal terkait kepaniteraan dan kesekretariatan.

Selain menjelaskan masalah kesekretariatan, Sutarno juga mensosialisasikan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas yang harus segera diterapkan di satker masing-masing secepatnya.

“Langkah-langkah Pencanangan Pembangunan Zona Integritas sebagai pengungkit/stimulus  untuk menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan langkah-langkah memperoleh hasil yang dicapai untuk memperoleh predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani”, imbuhnya.

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Poso 

Jl. P. Kalimantan No. 30 - Poso Sulawesi Tengah

Telp/Fax : 0452- 21770

Email  : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Tautan Aplikasi